1. Komponen Penilaian :
2.
Adapun untuk penilaian
proses disusun dengan
komponen :
No |
Karakter |
Persentase |
Kategori |
Kategori Penilaian |
Persentase Gabungan |
1 |
Critical Thinking |
20% |
Mengukur Kualitas
dari suatu sumber Menentukan
Kualitas dari suatu sumber apakah relevan atau tidak relevan |
25% |
5% |
Membedakan Fakta dan
Penilaian (Pendapat/Opini) |
25% |
5% |
|||
Mengidentifikasi kesalahan atau bias
yang ada |
25% |
5% |
|||
Mengevaluasi bukti
yang didapatkan untuk
mendukung pendapat |
25% |
5% |
|||
2 |
Collaboration |
15% |
Kemampuan mendukung orang lain dan berbagi
peran: mengerjakan pekerjaan sesuai dengan
perannya serta mendukung peran orang
lain sekaligus berinisiatif dalam membagi pengetahuan yang dimiliki. |
25% |
4% |
Bekerja secara
produktif dengan orang lain : Menunjukan
sikap profesional dengan orang lain
untuk menyelesaikan tugas sesuai yang diharapkan
dengan tepat waktu, serta bertanggungjawab
dalam mengimplementasikan solusi |
25% |
4% |
|||
Berpartisipasi
dan berkontribusi secara
aktif : Menunjukan sikap
respek terhadap perbedaan pendapat
dalam diskusi serta terlibat aktif
dalam menyelesaikan tugas, melakukan komunikasi yang intensif dan
mengutamakan sikap
kebersamaan |
25% |
4% |
|||
Kemampuan
melakukan konsensus: mampu melakukan
strategi pengambilan keputusan secara
bersama dengan menghormati ide orang
lain, menanggapi dengan pikiran terbuka terhadap perbedaan ide. |
25% |
4% |
|||
3 |
Communication |
15% |
Mampu melakukan komunikasi lisan sesuai dengan norma akademik |
35% |
5% |
Mampu melakukan komunikasi tulisan sesuai dengan norma akademik |
40% |
6% |
|||
Mampu melakukan komunikasi non-verbal dan visual
sesuai dengan norma
akademik |
25% |
4% |
|||
4 |
Creative Thinking |
20% |
Mengidentifikasi masalah dan menemukan solusi permasalahan dengan ide yang bervariasi dan/
berkualitas |
25% |
5% |
Mampu menemukan ide atau gagasan dengan
menyesuaikan terhadap sesuatu
yang sudah ada, dan/ yang belum ada |
25% |
5% |
|||
Memiliki pengetahuan yang baik guna menghasilkan daya pikir yang
mencakup wawasan dengan
unsur-unsur yang luas |
25% |
5% |
|||
Mengembangkan kemampuan berpikir kreatif
dalam 5 aspek,
yaitu berpikir lancar, luwes, orisinal,
elaborasi, dan evaluasi |
25% |
5% |
|||
5 |
Compassion |
15% |
Mampu memahami permasalahan dari berbagai sudut pandang |
25% |
4% |
Mampu menerima kritik
dan saran secara
terbuka |
25% |
4% |
|||
Memiliki keinginan untuk
membantu dan memotivasi orang lain |
25% |
4% |
|||
Mampu mengapresiasi diri dan sesama atas dasar ketaqwaan kepada Tuhan yang Maha Esa |
25% |
4% |
|||
6 |
Computational logic |
15% |
Abstraction: Keterampilan dalam memutuskan informasi apa yang harus disimpan dan apa yang
harus diabaikan |
20% |
3% |
Generalization: Keterampilan dalam merumuskan solusi secara generik dan dapat menerapkan pada masalah yang berbeda |
20% |
3% |
|||
Decomposition: Keterampilan dalam memecahkan masalah yang kompleks menjadi
bagian-bagian kecil yang
mudah dipahami dan dipecahkan |
20% |
3% |
|||
Algorithm: Keterampilan dalam menyebutkan langkah-langkah untuk menentukan solusi yang tepat dalam menyelesaikan masalah |
20% |
3% |
|||
Debugging: Keterampilan dalam mengidentifikasi, menghapus, dan memperbaiki kesalahan dari proses
pemecahan masalah |
20% |
3% |